5 Jenis Buah Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Cepat

5 Jenis Buah Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Cepat | Dengan mengkonsumsi buah-buahan segar ternyata dapat menurunkan kolesterol. Berikut ini merupakan 7 jenis buah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


  1. Alpukat, banyak orang beranggapan bahwa alpukat mempunyai kadar lemak tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan. Alpukat mengandung sekitar 16 persen lemak tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Mengkonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang buruk bagi kesehatan.
  2. Tomat, selain alpukat tomat ternyata salah satu buah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurut laporan riset di jurnal Maturitas menyebutkan bahwa tomat yang sudah dimasak mempunyai khas yang hampir sama dengan obat penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).
  3. Jeruk Nipis, jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat menghambat produksi kolesterol LDL, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Menggunakan jeruk nipis dengan cara mengiris tipis-tipis dan masukan ke gelas yang berisi air panas kemudian tunggu selama 30 menit. Sebaiknya diminum sebanyak 2 kali sehari.
  4. Semangka, selain dapat menghilangkan dahaga ternyata semangka bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat LDL. Semangka mengandung likopen seperti tomat yang dapat menurunkan kolesterol jahat.
  5. Apel, mengandung zat beta-glucan apel bermanfaat sebagai pengontrol produksi kolesterol. Apel juga sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan menjegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke.

Posting Komentar

0 Komentar