Manfaat Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya | Pepaya (Carica papaya), salah satu tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, yang kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Buah pepaya yang dimanfaatkan untuk dimakan adalah dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran atau pelunak daging.

manfaat buah pepaya


Daun  pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan.

Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing berwarna muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Buah yang berbentuk membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman pepaya banci. Tanaman pepaya banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat hasil buah lebih banyak dan besar. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya dan bagian tengah buah berongga. Biji-biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.

Manfaat buah pepaya:
Pepaya memiliki manfaat yang banyak karena mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis bersama dengan buah bengkoan, nanas, apel, belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahal karena getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yang berguna bagi kebutuhan rumah tangga dan industri. Manfaat buah pepaya pada pengobatang herbal pepaya dapat mencegah kanker, sembelit, kesehatan mata.

Posting Komentar

0 Komentar